Keadilannews.com – Ilham Saputra Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), mengatakan ada rencana memberlakukan secara otomatis Peraturan KPU (PKPU) yang memuat larangan pencalonan caleg dari mantan narapidana kasus korupsi. Cara itu akan ditempuh jika upaya pengundangan PKPU tersebut tetap

mengalami penolakan oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum-HAM).

Menurut Ilham, KPU akan berkirim surat kepada Kemenkum-HAM setelah 21 Juni

Demikian, Surat tersebut adalah balasan atas surat Kemenkum-HAM sebelumnya yang menyatakan resmi mengembalikan PKPU Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota.

“Nanti kami akan mengirim suratnya untuk memastikan bahwa sampai sejauh mana PKPU itu. Kami akan melihat kembali bagaimana tanggapan Kemenkum-HAM,” tutur Ilham ketika dikonfirmasi wartawan pada Selasa (19/6).

Dia melanjutkan, meski Kemenkum-HAM telah menolak PKPU pencalonan caleg, KPU kembali akan mengupayakan langkah administrasi untuk mengundangkan aturan itu. Namun, KPU pun tetap menyiapkan opsi langkah lainnya.

“Jika kemudian Kemenkum-HAM (tetap) menolak, maka kami akan memberlakukan

Ilham Menegaskan PKPU itu secara otomatis. Kemudian, kami anggap bahwa PKPU itu berlaku secara otomatis ketika ditandatangani oleh Ketua KPU.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/keadilan/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 326

LEAVE A REPLY