Foto Setara.net

Keadilannews.com, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengimbau pemudik untuk tak membawa sanak keluarga yang tidak memiliki keahlian saat balik ke Jakarta. Mereka yang tak memiliki keahlian dikhawatirkan justru hanya akan menjadi beban bagi keluarga dan pihak lain di Ibu Kota.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Masrokhan Mengatakan”Jika ingin ke Jakarta harus dipersiapkan (keahlian tertentu). Jangan sampai jadi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) jalanan,” Senin (11/6).

laju urbanisasi pascalebaran jumlahnya selalu lebih banyak dari jumlah pemudik yang pulang ke kampung halaman sebelum lebaran. Mereka rata-rata ingin mengadu nasib ke Ibu Kota. Sayangnya, jumlah lapangan kerja di Ibu Kota kadang tak sebanding dengan jumlah mereka yang datang.

Pemprov tak melarang orang untuk pergi ke Jakarta. Namun, mereka yang tak punya keahlian khusus disarankan agar lebih mengembangkan potensi di daerah masing-masing. Jika tak punya keahlian tapi nekad ke Ibu Kota, dikhawatirkan justru akan menimbulkan persoalan baru karena mereka rentan menjadi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS).

“Jika luntang-lantung di Jakarta, menggelandang di Jakarta karena telantar, sudah jadi tugas kami untuk melakukan penjangkauan karena mereka sudah menjadi PMKS jalanan,” tutur Masrokhan.

 


Warning: A non-numeric value encountered in /home/keadilan/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 326

LEAVE A REPLY