Ustadz Somad Tanggapi Manuver Politik TGB

0
224

Keadilannews.com – Pascapertemuan Multaqa Ulama dan Da’i hari ketiga di Grand Cempaka Jakarta, Jumat (6/7), para peserta Multaqa mendesak Ustaz Abdul Somad dan Bachtiar Nasir untuk memberikan komentarnya tentang politik terkini. Terutama, yang berkenaan dengan pernyataan Gubernur NTB Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) yang mendukung Jokowi dua periode.

Beberapa waktu lalu alumni Universitas al-Azhar Kairo, Mesir, melaksanakan pertemuan. Dalam pertemuan tersebut, kata Ustaz Somad, para alumni al-Azhar sepakat untuk mengusung TGB menjadi pemimpin nasional’ Kata Ustadz Somad.

“Karena ini adalah keputusan bersama para alumni al-Azhar, saya setuju dengan keputusan tersebut dan mengusung TGB menjadi pemimpin nasional,” ucapnya, Jumat (6/7).

Namun, Ustaz Somad menekankan dukungan ini konteksnya dahulu, bukan sekarang. Sekali lagi, ia menekankan konteksnya dahulu bukan sekarang.

“Keputusan alumni al-Azhar dahulu untuk menjadikan TGB pemimpin nasional yaitu untuk menjadi RI-1, bukan RI-2, dan seterusnya,” katanya menjelaskan. Menurutnya, Indonesia merupakan negara bermazhab Syafi’i, sementara Imam Syafi’i ada qaulul qadim (pendapat lama) dan ada qaulul jadid (pendapat baru). “Dan, saya meniru Imam Syafi’i,” ucapnya.

Ustaz Bahtiar Nasir menambahkan, TGB merupakan pemimpin nasional pada masa mendatang. “Tapi apa pun keputusan TGB itu merupakan ijtihad politiknya, maka kita harus berlapang dada, dan menghargai pilihan politiknya. Umat harus menerima perbedaan dengan sikap dewasa.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/keadilan/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 326

LEAVE A REPLY