Dua Kubu Calon Presiden Masing Masing Ada Keputusan Ulama

0
263
Foto Harnas co

Keadilannews.com – Bakal calon wakil presiden KH Ma’ruf Amin tidak terlalu mempermasalahkan keputusan dukungan dari Ijtima’ Ulama II ke pasangan calon Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Ma’ruf pun pekan lalu mendapatkan dukungan dari Majelis Silaturrahim Kiai dan Pengasuh Pondok Pesantren se-Indonesia (MSKP3I) yang disebut Ittifaqul Ulama.

Kiai Ma’ruf Mengatakan “Dua kubu sama-sama ada ulama, atau sama-sama mengaku ulama,” ucap Kiai Ma’ruf kepada wartawan di kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI), Selasa (18/9).

Karena itu, ia tidak terlalu mempermasalahkan klaim Ijtima’ Ulama sebagai representasi ulama. Sebab, di kubu Jokowi pun, ia menyebut ada keputusan ulama yang serupa dengan itu.

Kiai Ma’ruf Mengungkapkan “Sebelumnya, ada Ittifaq Ulama di hari sebelumnya di yang pimpinan pesantren mendukung Pak Jokowi dengan saya. Kemudian, ada Ijtima’ Ulama yang dukung Pak Prabowo. Jadi, tidak masalah.

Sebagai representasi ulama di kubu Jokowi, Kiai Ma’ruf menilai justru inilah kelebihan ulama. Yakni, mampu berada di dua kubu politik.

Karena itu, perbedaan politik menurutnya tidak perlu dipertentangkan, apalagi hingga mengklaim mewakili umat Islam. Sebab, di kubu Jokowi pun memiliki representasi ulama dan umat Islam yang tidak kalah banyaknya.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/keadilan/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 326

LEAVE A REPLY