Bulan Ramadhan adalah Bulan yang sangat mulia bagi umat islam dan di bulan ramadhan juga merupakan bulan yang mewajibkan bagi seorang muslim untuk melaksanakan ibadah puasa. “wahai orang-orang beriman, di wajibkan kepada kalian berpuasa sebagaimana di wajibkan kepada orang orang sebelum kalian agar kalian bertakwa (Q.S Al Baqarah:182).

Di beberapa negara ada aturan Hukum dan sanksinya untuk seorang muslim yang tidak berpuasa, dan kedapatan tertangkap tangan sedang makan atau minum di tempat umum.

Di Negara Tunisia 4 Pemuda harus mendekam di penjara selama 1 bulan lamanya karena dengan sengaja makan di tempat umum pada siang hari  di bulan suci ramadhan dan Di beberapa negara juga menerapkan aturan Hukum berupa sanksinya bagi yang tidak berpuasa.

Uni Emirat Arab (UEA) Sanksi Hukum berupa Penjara 1 Bulan Penuh dan Denda sekitar 2000 Dirham atau sekitar Rp 7,2 Juta, Karena dengan sengaja  berbuka puasa di siang hari di muka umum di bulan suci ramahdan tanpa adanya uzur syar’i.

Kuwait mereka yang dengan sengaja berbuka puasa di muka umum di kenakan sanksi denda sebesar 100 Dinar Kuwait atau sekitar Rp 4,3 Juta. Hukuman ini di tambah dengan kurungan penjara selama  1 bulan penuh.

Qatar menjadi  negara yang Hukuman yang terberat di bandingkan dengan negara lainya, bagi mereka yang dengan sengaja berbuka puasa di muka umum  akan di denda sebesar  3000 Riyal Qatar atau sekitar  Rp 10,9 Juta dan penjara selama 3 Bulan Penuh.

Karna Berpuasa adalah Hukumnya wajib setiap muslim dan beberapa negara tersebut bertanggung jawab atas rakyatnya dengan menerapkana aturan Hukum dan sanksi bagi yang tidak berpuasa, negara tersebut bukan hanya bertanggung jawab masalah dunia, juga bertanggung jawab untuk masalah akhirat untuk rakyatnya.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/keadilan/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 326

LEAVE A REPLY