Pemberitahuan Pertamina Terkait Kenaikan Harga Pertamax

0
304

Keadilannews.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan bahan bakar minyak (BBM) yang diperuntukan bagi rakyat luas seperti premium, pertalite, solar dan minyak tanah harganya tetap dan tidak mengalami kenaikan. Adapun BBM yang naik pada awal Juli merupakan bahan bakar jenis umum dan tak bersubsidi.

“Merujuk pada aturan Permen ESDM No. 34 Tahun 2018 ayat (3) bahwa harga eceran BBM Jenis Umum ditetapkan oleh Badan Usaha dan wajib dilaporkan kepada Menteri. Sementara harga dasar dan harga jual eceran Jenis BBM Tertentu (Solar) dan Jenis BBM Khusus Penugasan (Premium) ditetapkan oleh Menteri”, jelas  Direktur Pembinaam Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi, Ditjen Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, Yuli Rachwati, Senin (9/7).

Yuli menjelaskan, BBM yang mengalami kenaikan adalah pertamax, pertamax turbo, pertamina dex, dan dexlite yang penentuan harganya merupakan ranah badan usaha. Sebetulnya, kata ia, Pertalite juga jenis BBM Umum, tapi harganya diminta agar dapat ditahan. “Karena sebagian besar masyarakat telah mengonsumsi BBM jenis ini,” ucapnya.

Masyarakat, kata ia, sekarang sudah pintar memilih BBM yang bagus untuk mesin kendaraannya. Bahkan di beberapa tempat yang menyediakan Premium, warga justru banyak antre untuk membeli pertalite dan pertamax.

Penentuan harga BBM juga dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu internal dan eksternal. Faktor internal meliputi Peraturan Presiden No. 43 Tahun 2018, Pajak, Kebijakan Lingkungan, serta Logistik dan Infrastruktur. Faktor eksternal meliputi permintaan global, OPEC, dan fluktuasi mata Uang.

“Baik faktor internal dan eksternal, keduanya mempengaruhi penentuan harga BBM.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/keadilan/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 326

LEAVE A REPLY