Keadilannews- Sejumlah lembaga survei ‘menoleh’ ke Jawa Timur. Mereka menghitung karakter pemilih hingga peta kekuatan kandidat. Siapa terkuat?

Indopoll Network menggelar surveielektabilitascagub-cawagub Jatim 2018 pada 22-26 Januari 2018. Sampel berjumlah 1.019 responden yang sudah memiliki hak pilih. Besar sampel ditentukan menggunakan rumusSlovin, dengan margin oferror +/- 3,2%.

Hasilnya? Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak unggul tipis dari Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno. Elektabilitas Khofifah-Emil sebesar 49,02% atau unggul tipis dari Gus Ipul-Puti, yang meraih 47,25%. Ada 3,73% responden yang belum menentukan.

Survei berikutnya dilakukan Lembaga Survei KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia). Survei dilakukan awal Februari 2018, tepatnya 2 sampai dengan 8 Februari 2018, dengan metode tatap muka dan melibatkan 600 responden yang dipilih dengan metode acak bertingkat di kabupaten dan kota di Jawa Timur. Margin of error (MoE) +/- 4% pada interval kepercayaan 95%.

Hasil survei KedaiKOPI berbeda dibanding Indopoll Network. Dalam rilisnya pada Rabu, 22 Februari 2018, Peneliti Senior KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo menjelaskan Gus Ipul – Puti Guntur unggul di kisaran 53,7% dari pasangan Khofifah – Emil yang memperoleh dukungan 46,3% suara di Jawa Timur.

Jika dikalkulasi dengan marjin kesalahan sampling, pasangan Khofifah-Emil masih bisa mengungguli pasangan Gus Ipul-Puti.

Terkait popularitas, Khofifah berjaya. Mantan Mensos ini berada di urutan pertama dengan angka 94,1%, disusul oleh Gus Ipul (90,9%), Emil (48,7%), dan Puti hanya 28,5% responden.

Survei mutakhir dilakukan Litbang Kompas. Survei dilakukan pada 19 Februari-4 Maret 2018 dengan melibatkan 800 responden dengan metode tatap muka. Responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan proporsional bertingkat. Margin of error sebesar +- 3,46% pada tingkat kepercayaan 95%.
Hasilnya, Khofifah unggul tipis. Elektabilitas Khofifah-Emil 44,5%, sedangkan Gus Ipul-Puti 44%. Masih ada 11,5% pemilih yang belum menentukan pilihan.

Khofifah unggul di wilayah Mataraman Pesisir, Mataraman (Jawa Timur bagian barat), Madura dan Osing (Banyuwangi). Sementara itu, Gus Ipul memimpin di wilayah Pandalungan (Jember dan sekitarnya) dan Arek (Surabaya dan sekitarnya).

Saat ini, para kandidat terus berkampanye. Harapannya, pemilih bersimpati, mendukung, dan akhirnya mencoblos pada 27 Juni 2018. Siapa terpilih?

LEAVE A REPLY