Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah

Keadilannews.com – Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah mengatakan tukang fitnah sekarang ini menjadi semacam ‘profesi baru’. Ia mengatakan fenomena tukang fitnah ini muncul terutama menjelang pesta demokrasi, seperti pemilihan kepala daerah.

“Fitnah ini jadi ‘profesi baru’. Setelah pemilihan gubernur (Pilgub Jateng 2018, red.), saya tunggu-tunggu fitnahnya tidak muncul lagi,” katanya, di Semarang, Jumat (3/8_, disambut tawa para hadirin.

Hal tersebut disampaikan politikus PDI Perjuangan itu, saat membuka Musyawarah Wilayah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jateng 2018 yang berlangsung di Hotel Po Semarang. Dia meminta jajaran pemerintah provinsi untuk membuat akun media sosial (medsos) guna menampung keluhan dari masyarakat.

Ia mengatakan adanya akun media sosial agar pengaduan bisa segera ditindaklanjuti secara lebih cepat. “Saya edukasi semua untuk buat akun medsos, sebarkan nomor telepon. Tetapi, sebagian keluhan mereka tidak jujur. Apalagi yang disampaikan lewat medsos, apalagi (akun, red.) anonim,” katanya.

Secara umum, kata dia, evaluasi terhadap jajaran dinas sebagai organisasi perangkat daerah (OPD) seiring penggunaan teknologi informasi dalam merespons informasi membanggakan sehingga patut diapresiasi. Dia mengakui perkembangan teknologi yang sedemikian pesat ternyata bisa mengubah masyarakat, seperti sekarang ini yang begitu mudah mereka dikumpulkan oleh teknologi, seperti jaringan WiFi.

Di mana tempat yang memiliki WiFi, kata dia, menjadi tempat berkumpul orang, termasuk perkembangan informasi yang awalnya sebatas tulisan, kemudian gambar, dan sekarang ini yang tren adalah video atau gambar bergerak. “Akan tetapi, yang menakutkan, seperti fitnah, serem, ngapusi (menipu), juga terjadi. Makanya, saya dorong APJII di samping sebagai fasilitator, juga menjadi relawan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi),” katanya.

Ia mengajak masyarakat menggunakan internet secara sehat. “Semua sudah menyiapkan betul-betul perpindahan teknologi audio visual ini. Saya berpesan mari berinternet sehat, tidak hoaks, tampilkan prestasi. Ini yang kami dorong terus, kami pacu,” kata Ganjar.

LEAVE A REPLY