Penyebab Terjadinya Gempa di Situbondo

0
336

Keadilannews.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerangkan, gempa bumi di Situbondo, Jawa Timur, disebabkan oleh adanya aktivitas sesar lokal di dasar laut. Hal itu berdasarkan pengamatan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter gempa.

Gempa tersebut terletak pada titik kordinat 7,46 LS dan 114,44 BT. Tepatnya, berlokasi di laut pada jarak 56 kilometer (KM) arah timur laut Kota Situbondo pada kedalaman 12 KM. Gempa terjadi pada pukul 1.44 wib.

Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhammad Saldy Mengatakan ”Sumber gempa menunjukkan gempa ini dibangkitkan oleh adanya deformasi batuan kerak dangkal dengan mekanisme pergerakan naik (thrust fault),ucap, Muhammad Sadly di Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Menurut Sadly, dilihat dari mekanisme sumber dan arah sesar, gempa kali ini memiliki kemiripan dengan mekanisme sumber dengan gempa-gempa yang terjadi Bali, Lombok, Sumbawa, dan Flores. BMKG masih mengkaji apakah gempa Situbondo berkaitan langsung dengan aktivitas sesar naik flores..

Saldy menilai, ditinjau dari peta seismisitas dan sejarah kegempaannya, zona tersebut merupakan kawasan seismistas rendah. Sehingga, lanjutnya, aktivitas gempa Situbondo sangat menarik bagi para ahli kebumian terkait kajian gempa dan identifikasi sesar aktif baru.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/keadilan/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 326

LEAVE A REPLY