Keadilannews.com – Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, sekitar pukul 15.50 WIB ditutup untuk semua penerbangan menyusul meletusnya Gunung Merapi pada pagi hari tadi. Pada Jumat (1/6) pukul 08.20 WIB, Gunung Merapi mengalami letusan selama dua menit.

“Bandara ditutup karena ada abu Merapi yang bisa membahayakan penerbangan,” kata petugas Bandara Adi Soemarmo, Poniman di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat.

Poniman Menyatakan Demikian juga dengan puluhan penumpang termasuk wartawan Antara pesawat Citilink QG-127 tujuan Bandara Halim Perdanakusuma yang seharusnya berangkat pukul 15.40 WIB juga terpaksa menunda keberangkatan. “Belum tahu sampai kapan larangan peberbangan diberlakukan tergantung kondusi cuaca.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan, hingga saat ini posisi magma Gunung Merapi yang wilayahnya meliputi sejumlah kabupaten di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masih jauh di bawah puncak gunung berapi itu. Seperti diketahui, Merapi kembali meluncurkan aktivitas vulkanisnya pada hari ini.

LEAVE A REPLY