Rusia Mengirim Sistem Pertahanan Rudal S-300 ke Suriah

0
226
Moscow says the S-300 air defence system will be delivered to the Syrian armed forces within two weeks [File: AP]

Keadilannews.com – Moskow akan meningkatkan pertahanan udara Suriah menyusul jatuhnya pesawat Rusia pekan lalu dengan mengirimkan sistem S-300 modern kepada tentara Suriah dalam waktu dua minggu, kata Menteri Pertahanan Sergei Shoigu.

Dalam pernyataan yang disiarkan televisi pada hari Senin, Shoigu mengatakan keputusan untuk “mentransfer sistem pertahanan udara S-300 modern ke angkatan bersenjata Suriah dalam waktu dua minggu” langkah diambil oleh Presiden Vladimir Putin dan merupakan salah satu “langkah-langkah respons”.

Pada hari yang sama, Kremlin menuduh pilot Israel tentang “tindakan terencana” atas jatuhnya pesawat Rusia di Suriah pekan lalu, memperingatkan akan merusak hubungan antara kedua negara.

“Menurut informasi dari para ahli militer kami, alasan (di balik jatuhnya) adalah tindakan terencana oleh pilot Israel yang tentu saja tidak dapat merusak hubungan kami,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan.

Namun, Kremlin mengatakan pemasangan S-300 bertujuan untuk meningkatkan keselamatan militer Rusia dan “tidak diarahkan pada negara ketiga”.

Rusia juga akan memblokir sistem navigasi dan satelit, serta komunikasi pesawat tempur yang beroperasi di Mediterania timur, menurut menteri pertahanan.

Moskow telah menyalahkan Israel atas penembakan yang tidak disengaja dari pesawat dengan 15 orang di dalamnya.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/keadilan/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 326

LEAVE A REPLY