Erdogan Menang Telak Pada Pemilihan Umum Presiden Turki

Senin 15. 17 WIB

0
266

Keadilannews.com – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menang pemilihan umum presiden dengan meraih lebih dari setengah dari total suara yang sah. Dilansir dari Halaman AFP, Senin (25/6/2018).

kepala otoritas pemilu Turki Sadi Guven mengatakan, Erdogan mendapat suara mayoritas mutlak dari semua surat suara resmi. “Presiden Recep Tayyip Erdogan mendapat suara mayoritas absolut dari semua suara yang valid.

Sementara itu, laporan dari kantor berita Anadolu berdasarkan data dari YSK, Dari 99% suara yang telah dihitung, Erdogan meraih 53% suara.

Erdogan mengalahkan rival kuatnya, Muharrem Ince yang memperoleh 31% dukungan, demikian tulis media pemerintah Turki, Anadolu.

Dengan begitu, pria berusia 64 tahun itu kembali menduduki kursi nomor satu di negara tersebut. Hasil akhir resmi pemilu Turki akan diumumkan pada Jumat (29/6/2018).

“Masyarakat kita telah memberi kami tugas untuk melaksanakan jabatan presiden dan eksekutif,” Ucap Erdogan dalam pernyataan singkat di televisi, menanggapi hasil tidak resmi pemilu.

Erdogan juga mengumumkan bahwa Aliansi Rakyat, koalisi antara Partai Keadilan dan Pembangunannya yang berkuasa (AKP) dan Partai Gerakan Nasionalis (MHP), telah memenangkan mayoritas parlemen dalam pemilihan legislatif.

LEAVE A REPLY