Surya Paloh dilaporkan Atas Dugaan Tindak Pidana Pencemaran Nama Baik

0
221
Rizal Ramli

Keadilannews.com – Rizal Ramli melaporkan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, Jakarta Selasa (16/10/2018). Surya Paloh dilaporkan atas dugaan tindak pidana pencemaran nama baik.

Rizal Mengatakan “Hari ini ada sekitar 60 kawan-kawan, kami hari ini ingin mengajukan tuntutan kepada Surya Paloh, karena saya sahabat dia sebenarnya,” kata Rizal saat melapor di Bareskrim Polri.

Menurutnya, dugaan tindak pidana itu dilakukan Surya setelah memberikan kuasa kepada Ketua Badan Advokasi dan Hukum Nasdem Taufik Basari untuk melaporkan dirinya ke Polda Metro Jaya beberapa waktu lalu. Rizal merasa, laporan polisi yang dilayangkan Taufik ke Polda Metro Jaya tersebut salah arah, orang, dan alamat.

“Pengacara-pengacara yang mengatasnamakan Nasdem mengatakan bahwa kami merusak nama baik Nasdem, padahal tidak pernah ada satu hal apa pun di televisi atau pun di media kami menyebut nama Nasdem,” ujar dia.

Rizal menyebutkan, pencemaran nama baik dan perusakan reputasinya di dalam negeri dan internasional telah menimbulkan kerugian imateriil sebesar Rp 1 triliun dan materiil sebesar Rp 100 miliar. Kerugian imateriil dan materiil Rizal Ramli tersebut sudah selayaknya diganti oleh Surya Paloh sebagai pemberi kuasa pada pelaporan.

Laporan tersebut diterima dengan nomor LP/B/1309/X/2017/BARESKRIM tertanggal 16 Oktober 2018. Rizal melaporkan Surya dengan dugaan pelanggaran Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana, serta Pasal 27 Ayat (3) juncto Pasal 45 Ayat (3), Pasal 310, dan Pasal 311 KUHP.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/keadilan/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 326

LEAVE A REPLY