JAKARTAKEADILAN NEWS – Ketua PB HMI Bidang Kemitraan BUMN, Romadhon mengatakan bahwa peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) merupakan momentum positif untuk melakukan perbaikan di BUMN agar menjadi berintegritas.

Sebelumnya, publik dihebohkan dengan terungkapnya kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda lipat Brompton yang melibatkan eks Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) tbk, Ari Askhara.

Akibat peristiwa itu, Menteri BUMN Erick Thohir memberhentikan sementara tiga direksi PT Garuda Indonesia.

Mereka adalah Direktur Teknik dan Layanan Iwan Joeniarto, Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Mohammad Iqbal, dan Direktur Human Capital Heri Akhyar.

“Ini waktu yang tepat untuk bersih-bersih BUMN dan Menteri BUMN harus mendorong semua perusahaan BUMN menjadi korporasi yang berintegritas,” ungkap Romadhon kepada awak media, Jakarta, Senin (09/12/2019).

Menurut dia, seharusnya BUMN yang memiliki banyak kemudahan dibanding perusahaan swasta harus menjadi pelopor anti korupsi, yang berhubungan dengan sektor dunia usaha.

“Bukan sebaliknya justru terlibat dalam perkara praktek yang mengarah kepada tindak pidana korupsi,” ujarnya

Romadhon mengungkapkan, kasus penyelundupan motor Harley Davidson dan sepeda Brompton hanya salah satu kasus yang melibatkan Direktur Utama Garuda. Jika diinvestigasi serius dia meyakini banyak kasus sejenis yang melibatkan petinggi Garuda.

“Sepertinya jarang dilakukan audit sehingga sering terjadi penyimpangan di internal Garuda. Maka sikap tegas Pak Erick Thohir harus diapresiasi, mungkin berangkat dari Garuda, BUMN yang lain harus bersih dari korupsi,” katanya.

PB HMI sependapat dengan Ketua KPK terpilih Firli Bahuri, bahwa hari anti korupsi sedunia harus dijadikan momentum, agar Indonesia kedepan tidak lagi merayakan hari yang sangat memprihatinkan ini.

“Dengan kondisi yang terjadi saat ini, kata dia, isu antikorupsi harus menjadi isu penting. Dengan demikian kita telah ikut andil memajukan Indonesia maju dan bersih dari Korupsi,” pungkasnya.


Warning: A non-numeric value encountered in /home/keadilan/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 326

LEAVE A REPLY